Jumat, 23 Januari 2009

PERESMIAN 47 UPC MWC NU KABUPATEN SUKABUMI

PERESMIAN 47 UPZ MWC
DAN PELANTIKAN LASKAR ZAKAT

Keinginan untuk mewujudkan Zakat sebagai sumber ekonomi Islam sampai dengan saat ini masih merupakan harapan yang belum terealisasikan. Sebagian besar masyarakat muslim menunjukan bahwa belum terdapatnya kesadaran umat Islam untuk membayar zakat, karena menganggap zakat merupakan suatu kewajiban ritual saja, yang tidak ada kaitannya dengan perjuangan penegakan syareat Islam Khususnya ekonomi Islam, dan sebagian besar lagi umat Islam secara langsung dapat melihat dengan jelas banyak para pengelola dana Zakat yang kurang Profesional dalam mengelola dana Zakat.
Kurang profesioanlnya para pengelola dana zakat umumnya karena tidak dimilikinya program yang jelas sehingga penyaluran dana zakat tidak efektif, para pengelola dana zakat banyak yang tidak memiliki bekal akuntansi zakat sehingga sistem pelaporan dan pencatatan dana zakat tidak jelas, penarikan dana zakat banyak menggunakan cara – cara yang kurang simpatik, yang menrendahkan nilai – nilai luhur dari sistem ekonomi zakat, serta pemberdayaan dana ZIS yang mubazir sehingga tidak memberikan pengaruh yang luas terhadap pembentukan jamaah Islam sebagai cikal bakal terwujudnya penegakan syareat islam dan pembentukan masyarakat islam.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka Lazis NU Kabupaten Sukabumi meresmikan dan melantik 47 UPZ MWC serta Laskar zakat, yang sebelumnya akan diberikan pendidikan dan pelatihan manajemen zakat yang meliputi materi : fikih zakat, tehnik fundraising ( penarikan dana zakat), pelaporan dan pencatatan dana zakat, penyaluran dan pemberdayaan dana zakat serta organisasi dari lembaga zakat. Dengan bekal pendidikan dan pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan lembaga pengelolaan zakat yang profesional, demi tegaknya sistem syareat Islam khususnya sistem Ekonomi Islam yang di cita-citakan bersama. Amin

1 komentar: