Jumat, 23 Januari 2009

Laporan Zakat Triwulan Lazisnu

SAMBUTAN KETUA PANITIA DAN
LAPORAN TRIWULAN KEGIATAN DAN KEUANGAN LAZIS NU
KABUPATEN SUKABUMI

Di sampaikan oleh Ketua LAZISNU Kabupaten Sukabumi, pada acara Ijtima Ulama dan Diklat Manajemen Zakat Tingkat Dasar Lazis NU, tgl 24 Januari 2008/27 Muharram 1430 H, di Ponpes Al-Barokah


Bismillahirrohmannirrohim
Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, bahwa pada saat ini kami bisa berkumpul di pesantren Al Barokah untuk menyelenggarakan kegiatan Ijtima Ulama dan Diklat Manajemen Zakat tingkat Dasar Lazis NU dikarenakan ijin dan Ridla dari Allah SWT, Shalawat dan salam mari kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, Junjunan kita semua, keluarganya, para sahabatnya dan para pengikutnya sampai akhir jaman kelak nanti. Dan semoga kita semua yang hadir pada saat ini dan khususnya PC NU Kabupaten Sukabumi diberikan kekuatan dan perlindunganNya untuk dapat memperjuangkan agama Allah sampai mendapatkan kemenangan yang gilang gemilang. Amin
Bapak, Ibu sekalian yang saya hormati pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan ucapan rasa bangga dan ucapan banyak terimakasih, kepada :
1). Bupati Sukabumi, Bapak Drs.H.Sukmawijaya.,MM
2). Bapak Drs.H. Maman Sulaeman, Sesepuh Sukabumi, dan perintis serta pejuang PSI Kabupaten Sukabumi
3).Ketua MUI Kabupaten Sukabumi., KH.Zezen Zaenal Abidin
4).Ketua Bazda Kabupaten Sukabumi, Bapak Drs.KH.Mustafa Kamal Lufti
5). Rois Syuriah PC. NU Kab SMI, Bapak KH.Mudrikah Hanafi
6). Ketua Tanfidz PC NU Kab SMI, Bapak KH. Drs Dodi Amarudien.,SE.,S.Sos.,MAg
7). Kepala BSM KCP Sukabumi, Bapak Sandi.SSi
8). Para Kyai, Sesepuh dan para tamu undangan yang lainya yang hadir pada saat ini
Pada kesempatan yang berbahagia ini ijinkan saya menyampaikan laporan kegiatan Ijtima Ulama PC NU dan Diklat Manajemen Zakat Tingkat Dasar Lazis NU, sekaligus laporan triwulan kegiatan dan keuangan Lazis NU Kabupaten Sukabumi.
Dalam kegiatan ini kami mengundang seluruh pengurus PC.NU Kabupaten Sukabumi, 47 MW PC NU, dan juga para tamu undangan yang lainnya.
Inti dari kegiatan ini selain pelaksanaan Ijtima Ulama NU PC NU Kab.Sukabumi, juga pelaksanaan Diklat Manajemen Zakat Tingkat Dasar Lazis NU, yang menghadirkan pembicara utama dari Ketua Bazda Kab.Sukabumi dan PT.Bank Syariah Mandiri Pusat Jakarta.
Selain dari kegiatan inti tersebut juga akan dilasanakan pemberian penghargaan NU Achievement Award yang merupakan apresiasi tertinggi dari PC.NU Kabupaten Sukabumi kepada para pejuang dan pembela agama Islam di Kabupaten Sukabumi.
Selanjutnya juga akan dilaksanakan peresmian 47 UPZ MWC NU Kab.Sukabumi sebagai unit pengumpulan dana ZIS bagi para warga Nahdiyin yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk dana perjuangan PC NU Kab.Smi, Pelantikan laskar zakat Lazisnu sebagai pasukan tempur pengumpul dana ZIS untuk dana perjuangan PC.NU Kabupaten Sukabumi, juga akan dilaksanakan penandatanganan kerjasama MUO PC.NU Kabupaten SMI dengan OISCA, dan penandatanganan kerjasama Lazisnu dengan BSM KCP Sukabumi dalam hal pengumpulan, penyetoran dan penyaluran dana ZIS LAZISNU.

Bapak, Ibu sekalian selain dari penyampaian acara kegiatan tersebut, juga pada kesempatan ini saya akan menyampaikan laporan kegiatan dan keuangan dari LAZIS NU Kabupaten Sukabumi, yaitu sejak dilantiknya Lazis NU 4 bulan yang lalu pada tanggal 25 Oktober 2008 di GOR Cisaat Kabupaten SMI, sekaligus pelantikan PC NU Kab.SMI, maka Lazis NU relative untuk jangka pendek hanya memiliki satu tujuan utama sebagai amanah dari PC NU Kab.Sukabumi dan warga Nahdiyin yaitu agar dapat mengumpulkan dana perjuangan umat muslim untuk membangun Gedung representative bagi PC NU Kab.SMI sebagai suatu Cita-cita sejak 75 tahun yang lalu agar ada markas juang sebagai tempat pemusatan pemikiran dan kekuatan warga NU untuk memperjuangkan agama Islam dan meningkatkan kontribusi nyata dalam bidang pembinaan dan pembangunan mental spiritual masyarakat Kab.Sukabumi.
Dan kami panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, bahwa dalam tempo 3 Bulan sejak pelantikan PC.NU Kab.SMI melalui Lazis NU dan perjuangan seluruh pengurus PC NU, pada saat ini PC NU telah membeli gedung dan tanah seluas kurang lebih 6000 m2, di jalan raya Sukabumi Jakarta di daerah Kadupungkur pondok leungsir, dengan nilai total Asset Rp.650.Juta.
Namun perlu dipahami bersama dana yang diperoleh untuk membeli gedung dan tanah tersebut tidak semua berasal dari dana ZIS tetapi juga berasal dari dana pinjaman, yang menjadi beban kewajiban PC NU dan Lazis NU untuk dapat mengembalikannya.
Berdasarkan hal tersebut maka pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sumber dana perolehan Lazis NU selama 3 bulan Oktober,Nopember, dan Desember 2008.

TOTAL DANA YANG DIPEROLEH LAZISNU DALAM 3 BULAN Rp.675.530.000
Sumber penerimaan terbagi 2 yaitu :
1). Sumber dana perolehan dari dana Zis total Rp.225.530.000.,-
yang diperoleh melalui 3 bentuk aktifitas pengumpulan dana :
a.Gerakan Infak membangun gedung NU dengan dibagikan Kupon Infak kepada seluruh MWC PC NU
b.Setifikat Dana Perjuangan untuk pembangunan gedung NU
c.Kartu Donatur Infak Rutin dari para penguru PC.NU dan para simpatisan
Melalui 3 bentuk kegiatan tersebut dalam tempo 3 bulan Lazis NU dapat mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp.225.530.000.,- . berarti setiap bulan rata-rata perolehan dana LAZIS NU mencapai Rp.75 Juta. dan yang menjadi catatan kebanggan bagi PC NU adalah perhatian dan dukungan yang besar dari Pemda Kabupaten, Bazda dan Pemda Kota Sukabumi terhadap PC NU Kab.SMI, hal ini dilihat dari dukungan dan sumbangan yang cukup besar dari Bupati, Bazda dan Walikota Sukabumi dan ini menunjukan bahwa perjuangan Dakwah tidak mengenal batas wilayah.

2). Sumber dana dari pinjaman diperoleh Rp. 450 Juta
Pinjaman diperoleh dari :
a). Bank Syariah Mandiri Rp.300.000.000.,-
b). Bazda Kab.SMI Rp.100.000.000.,-
c). Simpatisan Rp. 50.000.000.,-

Pinjaman secara professional dilakukan karena ingin segera mendapatkan gedung dan lahan NU sebagai markas perjuangan PC NU Kab.SMI dan juga menunjukan bahwa Lazisnu akan bekerja secara professional untuk dapat mencicil kewajibannya, serta mendorong dan memotivasi PC.NU serta warga nahdiyin untuk bekerja lebih efektif dan efesien demi memperjuangakan Umat Islam. Untuk itu maka yang menjadi personal guranntee dari pinjaman tersebut adalah., Rois dan Wakil Rois Syuriah, Ketua Tanfidz, dan Ketua Lazisnu. Dan tentunya secara moralitas menjadi tanggungjawab seluruh warga Nahdiyin agar kewajiban PC.NU dapat dibayarkan lebih cepat dari komitmen yang telah disepakati. Semoga Allah SWT memberikan Rizki yang lebih besar agar PC NU Kab.SMI dapat membayarkan kewajibannya secepat mungkin, dan mendapatkan dana perjuangan yang besar untuk memperjuangkan Dinul Islam.

Dengan melihat permasalahan jangka pendek dari PC NU tersebut maka Lazis NU telah mengidentifikasi kebutuhan Utama yang menjadi produk perjuangan PC NU yang khusus akan menjadi tanggungjawab Lazisnu sebagai departemen keuangan dan Dispendanya PC NU Kabupaten Sukabumi, yaitu ada 4 program produk perjuangan yang utama :
1). Membayar kewajiban (Pinjaman) PC.NU secepat mungkin
2). Membangun gedung di lahan yang sudah dibeli untuk markas Juang PC.NU
3). Menutupi biaya operasional rutin PC NU
4).Memanage Lazisnu secara professional agar bisa memenuhi kebutuhan dana perjuangan PC.NU Kabupaten Sukabumi dan mendukung program Bazda Kabupaten Sukabumi Membangun peradaban Zakat di Kabupaten Sukabumi

Berdasarkan kebutuhan diatas maka Lazisnu membuat 3 instrument produk Fundraising yaitu :
1). Membagikan kupon Infak membangun gedung NU kepada setiap MWC
2). Membuat sertifikat dana perjuangan NU untuk Infak diatas Rp500.000.,
3). Membuat Kartu Donatur infak rutin setiap bulan bagi pengurus dan simpatisan NU

Untk bisa merealisasikan 3 intrument produk fundraising tersebut maka dilakukan 2 jenis kegiatan pengumpulan dana ZIS oleh Lazis Nu, yaitu kegiatan Intensifikasi dan Ekstensifikasi pengumpulan dana Zis oleh LazisNu yaitu :
1). Intensifikasi :
a. Membuat 47 UPZ MWC yaitu mengambil dana ZIS dari warga Nahdiyin dan simpatisan yang ada di 47 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi, melalui instrument kupon infak, sertifikat dana perjuangan dan kartu donatur
b. Membentuk Laskar Zakat (Mujahid biamwalihim) di Pusat Lazisnu dan disetiap MWC, sebagai sales force, pasukan tempur yang akan mengambil langsung atau jemput bola dana ZIS, kerumah-rumah.
c. Rutin mengikuti atau melaksanakan Diklat Manajemen Zakat bagi para pengelola ZIS, untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi perjuangan
d. Melengkapi sarana dan prasarana LAZISNU

2). Ekstensifikasi :
a. Kerjasama dengan Pemerintah dan BAZDA agar sinergi dalam membangun peradaban Zakat di Kabupaten Sukabumi
b. Kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri, dalam hal, pengumpulan, penyetoran dan penyaluran dana ZIS. Salah satu bentuk kerjasamanya adalah transfer atau setoran ZIS dari setiap MWC melalui bank konvensional mana saja, kepada rekening Lazis NU BSM, akan diganti oleh BSM setiap biaya administrasi transfer yang dibebankan oleh bank konvensional, kemudian kerjasama dalam hal pembiayaan untuk pemberdayaan KUKM, dalam program merubah Mustahik menjadi Mujaki,serta pelatihan praktis membangun ekonomi umat
c. Kerjasama dengan Perusahaan Swasta maupun BUMN dalam penggalangan dana ZIS
d. Kerjasama dengan perguruan tinggi, khususnya yang sudah dijalin dengan STIE- STMIK Pasim Sukabumi, dalam teknologi IT, dan Diklat Manajemen Zakat, sudah dibangun BLOG khusus sebagai alat informasi dan transparansi serta akuntabilitas dari LazisNu yang dapat diakses di internet oleh siapa saja di : http://lazisnu.blogspot.com/ atau di searching mellaui google searching media internet, serta kerjasama Diklat khususnya dalam bidang Manajemen keuangan dan Akuntansi Zakat serta system pembangunan ekonomi zakat sebagai pondasi system ekonomi Islam.
e.Kerjasama dengan Lazis NU pusat dalam sinergitas pengumpulan dan penyaluran dana ZIS yang efektif dan efesien.

Dari 2 jenis kegiatan yaitu Intensifikasi dan Ekstensifikasi pengeloaan dana ZIS, maka Lazisnu harus mampu mempertanggungjawabkan setiap pengumpulan dan penyaluran dana ZIS kepada Publik, maka alat atau media untuk transparansi dan akuntabilitas LAZISNU di gunakan beberapa kegiatan dan media yaitu :

1). Laporan bulanan Lazisnu disampaikan setiap bulan di rapat bulanan dengan PC.NU dan dimuat dalam bulletin Lazis NU yang diterbitkan oleh Lazis NU setiap bulan
2). Laporan kegiatan dan keuangan Lazis NU yang dapat dilihat atau diakses di internet oleh siapa saja di : http://lazisnu.blogspot.com/ . atau di searching melalui google searching di media internet.
3). Laporan setiap tri wulan yang diterbitkan di buletin bulanan, disampaikan di rapat PC.NU dan di sampaikan laporannya ke BAZDA Kab.Sukabumi sebagai koordinasi.
4). Laporan Tahunan yang diterbitkan di bulletin di sampaikan pada rapat PC. NU, BAZDA Kab. Sukabumi dan LAZIS NU Pusat.

Demikianlah penyampaian laporan dari kami, sekaligus secara simbolik akan diserahkan laporan triwulan kegiatan dan keuangan Lazisnu kepada Ketua Tanfidz dan Bazda Kabupaten Sukabumi, Semoga Allah SWT, meridhai dan memberikan kekuatan kepada Kita Semua. Amin.

Wassalamu’alaikum Wr,Wb.
Sukabumi, 24 Januari 2009/27 Nuharrah 1430 H
Ketua LAZISNU PC.NU Kabupaten Sukabumi
M.Fajar Laksana.,SE.,Cqm.,MM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar